Home Tips YouTube Tips Agar Terhindar dari Pelanggaran Hak Cipta Youtube

Tips Agar Terhindar dari Pelanggaran Hak Cipta Youtube

225
SHARE
Via: gulangguling.com

Secara garis besar, ada dua jenis youtuber. Pertama adalah tipe youtuber  yang membuat video sendiri dengan berbagai niche untuk diupload. Youtuber jenis ini biasanya hanya mengupload konten-konten orisinil sehingga memiliki subscriber yang lumayan besar. Sedangkan tipe yang kedua adalah youtuber yang hanya re-upload video milik orang lain dari berbagai sumber mulai dari channel youtube orang lain, facebook, twitter, viu dan lain-lain.

Untuk tipe youtuber pertama tentu saja tidak perlu mengkhawatirkan adanya keluhan dari pemilik video asli mengenai pelanggaran hak cipta yang tentu saja bisa membuat akun kamu ditutup secara paksa ataupun tidak bisa monetisasi.

Tips Agar Terhindar dari Pelanggaran Hak Cipta Youtube

Memotong Frame Pada Video

Melakukan pemotongan frame merupakan cara yang sangat efektif untuk menghindarkan video yang kamu upload terkena sanksi pelanggaran hak cipta. Metode ini paling cocok digunakan untuk jenis video seperti video anime, video filem ataupun drama Korea.

Simak juga: Aturan Terbaru Youtube, Iklan Baru Bisa Tayang Setelah 10 ribu Views

Kelemahan dari metode crop frame adalah kualitas video akan berkurang karena ada beberapa bagian video yang hilang atau terpotong. Namun dengan melakukan hal ini maka besar kemungkinan video yang kamu upload akan lolos dari filter pendeteksian hak cipta Youtube.

Pilih Video Berlisensi Creative Commons

Saat kamu ingin membuat konten dengan nuansa tertentu maka bisa memilih jenis video atau music dengan lisensi creative commons. Untuk mencarinya sangatlah mudah, kamu hanya perlu menuliskan kata kunci sesuai dengan video yang diinginkan dan pilih jenis filter creative commons. Dengan cara ini maka video yang kamu upload akan terbebas dari pelanggaran hak cipta youtube.

Baca juga: Cara Membuat Channel Youtube

Mengkombinasikan Beberapa Video

Menggabungkan beberapa video atau lebih dikenal dengan kompilasi merupakan cara yang banyak digunakan youtuber untuk menghindari pelanggaran hak cipta youtube. Walaupun topiknya sama, kamu bisa menggabungkan beberapa video menjadi satu sehingga hanya beberapa detik saja video asli yang kamu ambil.

Walau hanya beberapa detik saja yang kamu ambil, namun jika ada laporan mengenai hal tersebut maka pihak Youtube akan menindaklanjuti. Untuk menanggulangi hal ini ada baiknya meminta izin pada pemilik aslinya ataupun menautkan link sumber video.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here