Home Tips YouTube Pengertian dan Cara Membuat Vlog di Youtube

Pengertian dan Cara Membuat Vlog di Youtube

539
SHARE
Membuat vlog (video blog) Youtube
Via: moeslema.com

SelebYoutube.com – Di era globalisasi sekarang ini hampir semua kegiatan atau aktivitas manusia sudah digital, contohnya seperti mencari informasi dan berkomunikasi, kita hanya perlu membuka Google untuk mencari informasi yang kita butuhkan dan kita juga bisa berkomunikasi dengan semua orang yang ada di dunia ini menggunakan berbagai macam sosial media seperti Facebook.

Bahkan, bagi beberapa orang cerdas, zaman digital sudah bisa dimanfaatkan untuk mencari sebuah profesi yang menjanjikan dan salah satu profesi tersebut adalah melalui pemanfaatan situs berbagi video terbesar di dunia, Youtube. Lalu apa yang dilakukan orang-orang cerdas itu di Youtube? Baca sampai habis artikel ini dan kamu akan mengetahui jawabannya.

Simak juga: Format dan Ukuran Video Recomended untuk Youtube

Pengertian Vlog

Jika kita sudah tidak asing lagi mendengar kata Youtuber, mungkin kamu akan sedikit asing ketika mendengar kata Vlogger. Vlogger adalah orang yang membuat video blog dan mengunggahnya di Channel Youtubenya.

Sementara Vlog adalah singkatan dari Video Log atau sebuah konten keatif yang menggunakan media visual seperti video dan audio dan jenis konten yang disampaikannya bisa diari kehidupan, kegiatan sehari-hari, peristiwa unik dan lucu, dan semacamnya. Dan aktivitas membuat Vlog bisa disebut Vlogging.

Cara Membuat Vlog

Dalam pembuatan vlog ada beberapa tahap yang harus kamu lalui terlebih dahulu agar pembuatan vlog kamu lebih maksimal. Dan perlu kamu perhatikan bahwa sebaiknya, Channel vlog kamu “dipisah” dengan Channel utama kamu yang membahas konten lain karena jika Channel Youtube kamu berisi konten utama dan vlog didalamnya tidak akan berkembang secara efektif.

Oleh karena itu, silahkan kamu buat Channel Youtube baru lagi khusus untuk mengupload vlog kamu saja. Berikut beberapa tahap yang harus kamu lalui.

Tahap Perencanaan

Dalam tahap ini, kamu akan merencanakan semua apa yang kamu butuhkan dan apa yang akan kamu lakukan ketika membuat vlog pertama kamu.

Kamera Berkualitas

Yang pertama kamu butuhkan dalam membuat sebuah vlog adalah perangkat kamera untuk merekam kegiatan kamu. Lalu kamera seperti apa yang harus digunakan? kamera yang kamu pakai minimal mempunyai resolusi sebesar 720px, tetapi lebih baik jika kamu menggunakan kamera dengan resolusi sebesar 1080px karena semakin besar reolusi kameranya maka semakin bagus juga video yang akan kamu buat.

Banyak orang yang bilang bahwa untuk membuat sebuah konten vlog yang berkualitas maka kamera yang digunakanpun harus sekelas dengan kamera DSLR, sebenarnya pernyataan tersebut tidak selalu benar karena kamu juga bisa membuat video vlog dengan kamera seadanya dan memanfaatkan kemampuan editing kamu dalam peningkatan cahaya dan sebagainya.

Tujuan Membuat Vlog

Sebelum memulai sesuatu maka kamu harus menentukan terlebih dahulu niatnya. Begitupun dalam membuat vlog, sebelum kamu memulai membuat vlog pertama kamu, sebaiknya kamu menentukan terlebih dahulu tujuan kamu dalam membuat vlog tersebut.

Apakah kamu ingin mengejar kesuksesan dengan Channel Vlog kamu? atau kamu hanya ingin berbagi informasi ke sesama pengguna Youtube? atau mungkin ada tujuan yang lainnya.

Baca: Cara Life Streaming di Channel Youtube Menggunakan OBS Studio

Perencanaan dan pembuatan tujuan sangat berdampak besar dalam perkembangan Channel Vlog kamu nantinya, jadi pikirkan baik-baik apa tujuan kamu sehingga kamu bisa mengembangkan Channel Vlog kamu dengan mudah.

Tema Vlog

Dan tahap perencanaan terakhir membuat vlog adalah menentukan tema apa yang akan kamu bahas dalam video vlog kamu. Tema yang paling populer pada saat ini dikalangan para vlogger adalah tema Gaming dan kehidupan sehari-hari seorang vlogger.

Selebyoutube.com menyarankan agar kamu memilih tema yang menjadi hobi kamu atau keseharian kamu sehingga kamu tidak akan pernah kehabisan ide dalam membuat video selanjutnya untuk Channel vlog kamu tersebut.

Tahap Pembuatan

Setelah kamu sudah mempunyai semua yang kamu butuhkan, maka saatnya kamu membuat vlog pertama kamu. Sebaiknya kamu sudah membuat skenario atau persiapan terlebih dahulu dalam setiap pembuatan video atau jika kamu memang sudah terlatih untuk spontan maka ini tidak akan menjadi masalah.

Ucapkan Salam Pembuka Dan Identitas Diri Secukupnya

Step pertama, silahkan kamu ucapkan salam pembuka. Seperti “Hallo Guys” atau semacamnya. Lalu kamu perkenalkan diri kamu secara singkat dan padat saja. Contohnya “Nama gue Muhammad Anas, kalian bisa panggil gue Anas.”

Dan usahakan dalam pembukaan video ini jangan terlalu banyak basa basi yang tidak perlu dan bertele-tele karena penonton akan merasa bosan terhadap video kamu.

Gunakan Bahasa Kamu

Setiap Vlogger mempunyai ciri khas bahasa dan gaya bicaranya masing-masing, maka kamu juga harus mempunyai bahasa dan ciri khas kamu sebagai seorang Vlogger. Tetapi, yang perlu kamu perhatikan, kamu juga harus tetap menggunakan bahasa yang ramah dan sopan agar dimata penonton kamu terlihat seperti orang yang baik.

Ambil Video Sebanyak-banyaknya

Dalam pembuatan video vlog, sebaiknya kamu mengambil video sebanyak-banyaknya sehingga pada akhirnya nanti kamu bisa memilih mana video yang terbaik. Karena jika kamu hanya membuat satu video saja, besar kemungkinan jika ada suatu kesalahan yang tidak disengaja akan berdampak lebih besar.

Jadi, lebih baik kamu membuat video sebanyak-banyaknya untuk meminimalisir kesalahan yang tidak disengaja semakin besar. Teknik ini juga sering disebut sebagai Footage oleh beberapa vlogger professional dan terkenal.

Tahap Editing dan Penyelesaian

Setelah selesai membuat video vlog, maka saatnya kamu memilih salah satu dari sekian banyak video yang kamu buat dan mengeditnya. Untuk mengedit video vlog, kamu bisa menggunakan beberapa software yang memang sering digunakan untuk mengedit video seperti Adobe Premiere, Sony Vegas Pro, Adobe After Effect dan semacamnya.

Editing

Dalam tahap ini, setelah kamu memilih video yang akan kamu edit, maka kamu bisa langsung mengeditnya, apakah cahanya harus ditingkatkan? atau kamu juga bisa menambahkan text dalam video kamu sebagai informasi tambahan. Lalu, sebaiknya kamu juga harus membuat opening dan ending videonya.

Upload

Dan ketika kamu sudah selesai mengedit video vlog kamu maka saatnya kamu menguploadnya di Channel Youtube kamu. Silahkan kamu isi judul nya semenarik mungkin sehingga membuat orang yang melihat judulnya ingin membuka dan menonton video vlog kamu. Lalu jangan lupa isi deskripsinya juga dengan singkat dan padat serta lengkapi kategori dan tagnya.

Optimasi

Walaupun kamu selesai mengupload video vlog pertama kamu, maka bukan berarti pekerjaan kamu sudah selesai. Kamu harus melakukan optimasi atau pekerjaan ekstra yang bisa membuat video kamu mendatangkan lebih banyak viewer dan subscriber lagi.

Jangan lewatin: 6 Cara Jitu Optimasi Video Youtube

Caranya, kamu bisa membagikan video kamu di berbagai sosial media seperti Facebook dan di forum-forum terkenal seperti Kaskus dengan mencantumkan caption dan deskripsi yang menarik. Selain itu, kamu juga sebaiknya terus membuat video vlog secara rutin dan konsisten sehingga subscriber Channel Vlog kamu terus meningkat dan tidak menurun.

Itulah Pengertian dan Cara Membuat Vlog versi Selebyoutube.com. Kedepannya, Selebyoutube.com juga akan menulis artikel-artikel tips bagi vlogger pemula seperti kamu, jadi jangan lupa untuk terus berkunjung ke Selebyoutube.com ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here