Home Inspiratif Bagaimana Nasib Channel Youtube Re-uploader?

Bagaimana Nasib Channel Youtube Re-uploader?

466
SHARE
Copyright Youtube video
Via: www.foxnews.com

SelebYoutube.com – Apa itu reuploader? Ialah mereka yang berprofesi sebagai tukang upload kembali video orang lain di channel mereka. Banyak yang bilang bahwa reuploader adalah sekumpulan parasit yang suka menumpang cari uang dari video orang lain. Dengan sengaja mereka mengambil video orang lain, tanpa meminta izin dari pemilik video tersebut.

Lantas dengan statusnya sebagai reuploader ini membuat para content creator menjadi geram dan agak marah. Pasalnya video yang sudah susah-susah dibuat, di edit sedemikian rupa, shooting cari angel sana-sini, tiba-tiba nangkring di channel Youtube lain, diuangkan pula! Bahkan viewernya lebih banyak dari channel asal video itu di upload.

Itulah tujuan re-uploader, hendak ingin mendapatkan penghasilan (uang) dengan cara tidak terpuji. Hanya mengganti judulnya dan thumbnail videonya saja, dengan bantuan “bot” dan optimasi yang macam-macam, lalu mereka menunggu uang dari Google Adsense pun mengalir begitu saja.

Simak pula: 6 Cara Jitu Optimasi Video Youtube

Lalu bagaimana kira-kira nasib channel Youtube re-upload ini? Tidak kah kamu penasaran? Berikut beberapa poin yang berhasil terkumpul dari lapangan per-Youtube-an.

1. Video hasil re-uploadnya bakal banjir report dan dislike

Tak perduli seberapa ganteng judul video hasil re-upload itu diganti, tetap saja keaslian videonya akan ketahuan. Semakin banyak video yang di report dan di dislike, maka semakin besar pula terancam channel reupload itu.

2. Channel re-upload akan diserang dengan komentar bullying

Yang tau kalau video itu hasil reupload pasti dong bakal berpikir yang tidak menyenangkan terhadap pemilik channel Yotube reupload itu, apalagi jika penonton itu seseorang yang sulit mengendalikan diri. Maka komentar bully pun akan sangat mudah dia tuliskan. Komentar-komentar yang tidak menyenangkan itu sebetulnya tersirat sebuah pesan yang sangat kuat bahwa “sungguh menjijikkan caramu menghasilkan uang”.

3. Senang di awal, merana akhirnya

Awalnya channel Youtube reuploader ini akan mendapatkan penghasilan yang lumayan melalui Google Adsense. Akan tetapi channel Youtube reuploader itu perlahan tapi pasti akan mendapat sesuatu yang tidak menyenangkan dari Google. Awalnya mungkin hanya akan mendapatkan penalty, selanjutnya channel akan di disable (dtaingguhkan), hingga akhirnya channel Youtube itu akan dihapus dari peredaran alias di delete.

Tidak hanya channel Youtubenya juga yang berbahaya, dampak dari semua itu akan berimbas buruk pada akun Google Adsenseya pula.

4. Channel dihapus, menyalahkan Youtube dan Google

Tidak setuju dengan penghapusanchannel Youtube maka yang bersangkutan menempuh cara untuk meminta pihak Youtube agar membatalkan penghapusan channelnya tersebut. Bentuk protes dengan sifat channel yang reupload adalah suatu asumsi bahwa keputusan Youtube atau Google menghapus channelnya adalah keputusan yang salah. Artinya, tidak seharusnya Youtube menghapus channelnya, karena yang bersangkutan berpikir channelnya tidak bersalah. Dia menyalahkan Google karena telah membuat ia kelaparan, tidak ada lagi pemasukan dari Adsense.

5. Permintaan pengembalian hapus channel ditolak, bikin channel reupload baru

Reuploader jauh dari kata “kapok”, suka mengabaikan syarat dan ketentuan channel Youtube. Suka mengkhianati kata hatinya. Akhirnya, “channel repuload” baru pun dibuat dengan santainya.

Menarik lainnya: Harus Broken Home Dulu, Biar Video “Draw My Life” Laku?

Begitulah nasibnya, berada pada pola yang sama. Begitu banyak merepotkan dan merugikan banyak pihak. Selalu begitu, sampai beberapa yang tobat dan memilih jalan yang benar.

Artikel ini tidak mendiskreditkan pihak manapun. Artikel ini semata-mata untuk memberikan peluang kepada pihak-pihak yang masih suka reupload, bahwasanya para reuploder ini masih memiliki kesempatan untuk berbuat yang lebih baik. Tidakkah manusia lahir dengan keunikannya? Manusia diberikan akal untuk berpikir, dan juga diberikan hati nurani untuk mempertimbangkan apa yang dipikirkan itu bermanfaat dan tidak merugikan buat orang lain.

1 COMMENT

  1. Gk selalu bro, ada channel yang bikin kompilasi itu asalnya dari video orang lain. tapi dapet banyak like sama viewer, komentarnya juga positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here