Home Tips YouTube Aturan Terbaru Youtube, Iklan Baru Bisa Tayang Setelah 10 ribu Views

Aturan Terbaru Youtube, Iklan Baru Bisa Tayang Setelah 10 ribu Views

326
SHARE
Aturan Baru Youtube, Channel Baru Bisa Menayangkan Iklan Setelah 10 ribu Views
Youtube Partner Program dan Google AdSense sama dengan 10 ribu lifetime views

Youtube adalah produk Google, sebuah platform yang menyediakan berbagai macam video dan bisa ditonton secara gratis oleh para penggunanya.

Karena popularitas Youtube yang menjadi media berbagi video terbesar di dunia, yang juga dapat dijadikan sumber penghasilan.

Google sendiri selaku pemiliki Youtube sudah sejak dulu membuat program kerja sama yang dinamakan Youtube Partner Program.

Apa itu Youtube Partner Program?

Youtube Partner Program adalah sebuah program untuk pengguna Youtube (sebut saja Youtuber) yang memiliki channel untuk bisa memanfaatkan channel tersebut mendapatkan uang dengan menayangkan iklan dari Google Adsense.

Dengan adanya iklan tersebut, maka pemiliki channel bisa meraup keuntungan dari jumlah iklan yang disaksikan oleh para penonton video mereka.

Selain bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa didapatkan oleh seorang Youtuber jika bergabung dengan Youtube Partner Program.

Berikut ini beberapa keuntungannya :

  1. Memonetisasi konten video dan memasang serta menayangkan iklan dari Google AdSense.
  2. Iklan yang dipasang akan muncul secara otomatis disetiap video dan penghasilan akan terakumulasi secara otomatis.
  3. Memperoleh data Youtube Analytics yang bisa digunakan pemilik channel untuk memantau dan menganalisis audiens dari channel mereka.

Untuk lebih jelasnya, silahkan kamu tonton video berikut ini terkait Youtube Partner Program.

Via : YouTube Creator Hub

Youtube Partner Program sendiri sudah dimulai sejak tahun 2007. Akhirnya mulai banyak creator video yang memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bahkan, hingga kini sepertinya makin banyak saja Youtuber yang sukses dari program ini. Salah satu contoh Youtuber sukses dari program penayangan iklan ini adalah Reza Arap Oktovian.

Namun, karena seiring banyaknya Youtuber yang sukses meraup keuntungan dari Youtube, semakin banyak juga Youtuber-Youtuber pemula bermunculan.

Sayangnya, kebanyakan dari mereka tidak mementingkan kualitas dari konten video yang mereka sajikan. Mereka terlalu fokus dalam mengejar uang. Akhirnya tidak sedikit dari mereka yang mengunggah video yang merupakan bukan karya original mereka.

Selain itu, mereka juga kerap kali tidak memperhatikan peraturan dalam membuat channel di Youtube dan banyak juga dari mereka yang terkena hukuman hak cipta atau copyright.

Pihak Youtube tentu tidak akan tinggal diam. Sudah ada beberapa tindakan yang mereka lakukan dalam mengatasi konten video kualitas rendah tersebut.

Beberapa saat yang lalu, Youtube memberikan suspend atau hukuman kepada beberapa channel tertentu yang sudah melanggar aturan. Maka, sekarang Youtube mengeluarkan sebuah peraturan baru, yaitu channel yang bisa menayangkan iklan dan mendapatkan penghasilan adalah channel yang sudah mencapai 10.000 lifetime views.

Channel Baru Tidak Akan Bisa Menayangkan Iklan

Sejak tanggal 6 April 2017, Youtube memperbaharui peraturan Youtube Partner Programnya. Isinya adalah channel yang baru dibuat tidak akan bisa menampilkan iklan, karena hanya channel yang sudah mencapai 10.000 views saja yang diperkenankan untuk menayangkan iklan.

 

Hal ini dilakukan Youtube dengan tujuan agar mereka mengetahui dan bisa memantau kredibilitas dari sebuah channel.

Lalu, Bagaimana Dengan Channel Yang Sudah Menampilkan Iklan Tetapi Belum Mencapai 10.000 views?

Tenang saja, bagi kamu yang mempunyai channel dan sudah menayangkan iklan sejak dulu tetapi lifetime viewsnya masih dibawah 10.000, maka peraturan baru ini tidak akan berdampak apapun.

Kamu tetap bisa menayangkan iklan dan mendapatkan penghasilan. Tingkatkan saja kualitas dan kuantitas konten video di channel Youtube kamu.

Perlu diketahui juga, bahwa jika kamu sudah memiliki channel dengan 10.000 lifetime views, maka bukan berarti kamu sudah langsung bisa menayangkan iklan. Channel kamu akan ditinjau atau direview terlebih dahulu oleh pihak Youtube.

Jika channel memenuhi persyaratan dan memiliki kualitas konten yang bagus, barulah kamu bisa bergabung dengan Youtube Partner Program.

Ariel Bardin, selaku VP Product Management Youtube juga sudah membenarkan hal ini. Berikut yang beliau katakan beberapa saat yang lalu.

Dalam beberapa pekan, kami juga akan menambahkan peninjauan untuk kreator baru yang mendaftar dalam YouTube Partner Program. Setelah kreator mencapai 10 ribu views seumur hidup di saluran mereka, kami akan meninjau aktivitas mereka terhadap kebijakan kami,” tulis VP Product Management YouTube, Ariel Bardin.

Jika semuanya terlihat baik, kami akan membawa saluran mereka ke dalam YouTube Partner Program dan mulai menyajikan iklan terhadap konten mereka. Dengan ini akan memastikan pendapatan hanya mengalir kepada kreator yang mengikuti aturan main.

Persyaratan Youtube Partner Program Terbaru

Berikut ini persyaratan-persyaratan yang harus kamu penuhi jika kamu tertarik dan ingin bergabung dengan Youtube Partner Program.

  1. Program Youtube Partner harus tersedia di negara tempat kreator atau pemilik channel tinggal.
  2. Video sebagai konten yang diunggah harus berkualitas, original dan sesuai dengan peraturan Google AdSense.
  3. Video harus mematuhi terms of service serta peraturan terkait lainnya dengan Youtube.
  4. Video atau konten lainnya yang diunggah tidak boleh melanggar hak cipta.
  5. Channel Youtube harus sudah mencapat jumlah 10.000 lifetime views.

Jika kamu ingin menjadi Youtuber sukses, maka seharusnya kamu tidak menyerah setelah peraturan tersebut diterbitkan.

Kamu harus terus memotivasi diri sendiri dan terus memberikan semangat agar bisa mengunggah video berkualitas dan terus mendapatkan penonton hingga mencapai 10.000 penonton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here